Sobat7.tk
Selamat datang di forum kebanggaan Angkatan 2007 Smansa Kebumen.
Silahkan register untuk yang belum bergabung, dan langsung login bagi para member untuk melihat topik-topik yang ada.
Enjoy dimanapun kalian berada selamat posting kawan!

Salam hormat,
Admin sobat7.tk
Latest topics
» Ketika Tidur Menjadi Sangat Berharga
Tue Nov 29, 2011 9:04 pm by azat_suke

» Masih hidup
Tue Nov 29, 2011 8:29 pm by azat_suke

» Friendster, sekarang dipegang Mal*ngsh*t
Thu Dec 24, 2009 7:24 am by danzie

» Hati Kecil Saya untuk Sri Mulyani
Sun Dec 13, 2009 7:25 pm by danzie

» Skandal Calon Hakim Agung
Thu Nov 12, 2009 10:49 pm by danzie

» Bukan Orang Indonesia kayaknya
Thu Nov 12, 2009 10:47 pm by danzie

» KABAR DUKA, SEDIH, SAKIT.... masuk sini...
Mon Nov 02, 2009 3:40 pm by iky eye

» kok ya kuwe baen sih
Tue Sep 29, 2009 8:14 am by iky eye

» Pengumuman
Thu Aug 13, 2009 2:04 pm by iky eye

RSS feeds


Yahoo! 
MSN 
AOL 
Netvibes 
Bloglines 


Pencarian
 
 

Display results as :
 


Rechercher Advanced Search

User Yang Sedang Online
Total 1 user online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 1 Tamu

Tidak ada

[ View the whole list ]


User online terbanyak adalah 17 pada Wed Nov 02, 2011 5:52 pm
Statistics
Total 138 user terdaftar
User terdaftar terakhir adalah Anggi Galih Cadika

Total 6339 kiriman artikel dari user in 334 subjects

Stress Hadapi Matematika

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Stress Hadapi Matematika

Post by danzie on Thu Apr 23, 2009 12:43 am

http://regional.kompas.com/read/xml/2009/04/22/21180449/siswa.stres.hadapi.soal.matematika

Spoiler:

RABU, 22 APRIL 2009 | 21:18 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com Memasuki hari ketiga pelaksanaan ujian nasional, kebanyakan siswa stres seusai menghadapi mata pelajaran matematika. Mereka mengaku tertekan sehingga tidak bisa mengerjakan keseluruhan soal. "Saya hanya mengerjakan 20 soal dari seluruhnya 40 soal. Itu saja, hanya 10 soal yang saya yakin," kata Abdul Rauf (17), siswa kelas XII IPA 1 SMA Negeri 5 Kota Semarang, Rabu (22/4), dengan mata sembap.

Karena tidak bisa mengerjakan keseluruhan soal tersebut, Abdul Rauf langsung menangis begitu keluar dari ruangan. Emosi Abdul meluap karena takut nilai matematikanya jeblok sehingga tidak bisa lulus UN.

Padahal, Abdul mengaku sudah belajar selama tujuh jam semalam sebelumnya. Dia juga telah mengikuti les privat sejak Februari lalu. "Tapi begitu tahu soalnya, saya langsung lemas," ucapnya.

Satrio Adi Nugroho (17), siswa kelas XII IPA 3 SMAN 5 Kota Semarang, juga khawatir tidak lulus UN begitu menghadapi soal matematika. Dia mengaku stres karena kesulitan mengerjakan soal-soal tersebut.

"Saya langsung drop begitu baca soalnya. Lebih sulit dari soal-soal yang pernah kami pelajari," kata Satrio, yang mengikuti bimbingan belajar selama setahun terakhir demi lulus UN.

Cendikia Novi (17), siswa kelas XII IPA 1 SMAN 3 Kota Semarang, juga mengaku tertekan ketika menghadapi soal matematika. Dia tidak menduga tingkat kesulitan soal UN kali ini jauh di atas tingkat kesulitan soal UN tahun lalu maupun soal uji coba yang selama ini dihadapinya.

Akibat stres seusai menghadapi soal matematika ini, kepercayaan diri siswa pun turun. Cendikia mengaku khawatir dapat memengaruhinya dalam mengerjakan soal mata pelajaran lain yang masih akan dihadapinya nanti.

"Kepikiran terus soalnya. Saya hanya mampu mengerjakan sekitar dua puluh soal dari seluruh soal matematika, sisanya pokoknya diisi," kata Cendikia.

Tetap semangat

Kepala SMAN 3 Kota Semarang Soedjono mengimbau siswa untuk tidak terpengaruh dengan hasil mata pelajaran yang telah dilewatinya. Ia berharap siswa tidak terbebani dengan kekecewaannya agar semangat mereka tidak surut dalam menghadapi mata pelajaran UN selanjutnya. "Masih ada mata pelajaran yang mesti mereka kerjakan. Untuk itu, beban harus dilepaskan," kata Soedjono.

Ketua Panitia Penyelenggara UN Kota Semarang Bunyamin mengakui, terdapat 142 siswa yang tidak hadir dalam pelaksanaan UN hari ketiga di Kota Semarang, terdiri atas 1 siswa MA, 66 siswa SMA, dan 75 siswa SMK. "Kebanyakan karena sakit, tetapi ada juga yang tidak bisa masuk karena bekerja," ucap Bunyamin.

Untuk itu, Bunyamin mengimbau siswa yang tidak hadir agar mengikuti UN susulan yang dijadwalkan mulai pada 27 April mendatang.

Yah saya juga dapet kabar yang sama di SMA kita, dan juga SMA purwokerto, banyak siswa yang menangis karena merasa tidak bisa mengerjakan soal. Mereka kebanyakn beralasan karena soal diujian sekarang amat berbeda dengan tahun2 sebelumnya (tingkat kesulitannya). Sehingga banyak yang sampai kaget melihat soal.

Kita doakan semoga adik2 kita terutama smansa tercinta bisa meluluskan siswanya 100% pada tahun ini. Aamiiin....

_________________

danzie
Sobat Sejati
Sobat Sejati

Number of posts : 525
Registration date : 07.05.08

http://zietux.co.cc

Kembali Ke Atas Go down

Re: Stress Hadapi Matematika

Post by azat_suke on Thu Apr 23, 2009 9:16 am

weh...
medeni temen
jadi pengen liat soalnya

mari kita berdoa bersama-sama semoga semua adik2 kelas kita lulus...

azat_suke
Sobat Sejati
Sobat Sejati

Number of posts : 599
Location : Depok-Kebumen
Registration date : 12.05.08

Kembali Ke Atas Go down

Re: Stress Hadapi Matematika

Post by tequilla89 on Thu Apr 23, 2009 9:30 am

KEDUAXXXXXXXXXXXXX...
Wah, iya bener tuh, tadi aq juga baru aja baca di koran Kedaulatan Rakyat ada berita serupa...
udah gitu soal matematika tahun ini 40 soal lagi...
di halaman serupa disebutkan kalo di beberapa banyak siswa yang mengeluh karena pengawasan yang terlalu ketat sehingga mempengaruhi psikologis siswa tersebut ketika menghadapi soal ujian, padahal kalo mau nyontek tetep aja sulit, orang tempat duduknya kan diberi jarak yang berjauhan, pengawasan yg terlalu ketat membuat siswa jadi grogi, terutama saat mengerjakan soal yg sulit...

_________________
Informasi Terbaru Blog Saya

visit me at www.tequilla89.tk or www.soulofmyheart.blogspot.com

tequilla89
Legend
Legend

Number of posts : 691
Age : 27
Location : Jogja Rock City
Registration date : 16.05.08

http://www.soulofmyheart.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Stress Hadapi Matematika

Post by echa on Thu Apr 23, 2009 10:48 am

malah2 tadi pagi liat berita katanya ad sekolah yang dijagain polisi segala, meskpun polisi cuma mau memastikan kalo soal2 UN ga bocor...

echa
Legend
Legend

Number of posts : 600
Location : Pejagoan
Registration date : 23.05.08

Kembali Ke Atas Go down

Re: Stress Hadapi Matematika

Post by danzie on Thu Apr 23, 2009 10:39 pm

tinggal 1 pelajaran lagi tuh mereka. lo IPA tinggal Kimia lo IPS...apa yah.....
mbuh kuwe.....

_________________

danzie
Sobat Sejati
Sobat Sejati

Number of posts : 525
Registration date : 07.05.08

http://zietux.co.cc

Kembali Ke Atas Go down

Re: Stress Hadapi Matematika

Post by iky eye on Fri Apr 24, 2009 7:32 am

amiin..
dengan kualitas adik2 dan sekolah kita...

kita bisa lebih berharap banyak...

tetaplah doakan mereka..

_________________
Panggil saya dg nama asli saya, atau "iky".
It's not about how fast you run or how high you climb, but how well you bounce

iky eye
Legend
Legend

Number of posts : 864
Age : 26
Location : Yogyakarta Hadiningrat
Registration date : 13.05.08

Kembali Ke Atas Go down

Re: Stress Hadapi Matematika

Post by echa on Fri Apr 24, 2009 12:55 pm

aamiin..... insyaAllah lulus semua. bakal jadi berita luar biasa kalo ada anak SMANSA yg ga lulus...

echa
Legend
Legend

Number of posts : 600
Location : Pejagoan
Registration date : 23.05.08

Kembali Ke Atas Go down

Re: Stress Hadapi Matematika

Post by resil on Fri Apr 24, 2009 7:09 pm

semoga pada lulus yang pantes lulus...
yang gak lulus ya sabar...

_________________
profile picture

resil
Sobat Sejati
Sobat Sejati

Number of posts : 591
Age : 27
Location : Bandung
Registration date : 12.05.08

Kembali Ke Atas Go down

Re: Stress Hadapi Matematika

Post by emonn on Tue Apr 28, 2009 9:36 am

yang stress bisa datang ke saya
hehehe

emonn
Hmmm saluut..
Hmmm saluut..

Number of posts : 192
Age : 27
Location : bandung
Registration date : 05.06.08

Kembali Ke Atas Go down

Re: Stress Hadapi Matematika

Post by iky eye on Tue Apr 28, 2009 8:31 pm

@Emonn..
garep dikapakna?

_________________
Panggil saya dg nama asli saya, atau "iky".
It's not about how fast you run or how high you climb, but how well you bounce

iky eye
Legend
Legend

Number of posts : 864
Age : 26
Location : Yogyakarta Hadiningrat
Registration date : 13.05.08

Kembali Ke Atas Go down

Re: Stress Hadapi Matematika

Post by emonn on Wed Apr 29, 2009 11:20 am

nek isa ya dibantu lah ik
gmana sih
kan kasihan juga

emonn
Hmmm saluut..
Hmmm saluut..

Number of posts : 192
Age : 27
Location : bandung
Registration date : 05.06.08

Kembali Ke Atas Go down

Re: Stress Hadapi Matematika

Post by topik on Tue May 05, 2009 2:02 pm

ya..aku denger2 memang soal mtk untuk UN tahun ini sulit bgt,,..tapi kita doakan saja smansa lulus semua...aku yakin mrka bisa kok....

topik
Maniak
Maniak

Number of posts : 45
Age : 27
Location : JALAN KALIURANG KM.5,0, GANG SITISONYA NO.1 POGUNG BARU SLEMAN, YOGYAKARTA
Registration date : 18.05.08

Kembali Ke Atas Go down

Re: Stress Hadapi Matematika

Post by emonn on Tue May 12, 2009 2:38 pm

saya tidak percaya kalo soal matematik susah

emonn
Hmmm saluut..
Hmmm saluut..

Number of posts : 192
Age : 27
Location : bandung
Registration date : 05.06.08

Kembali Ke Atas Go down

Re: Stress Hadapi Matematika

Post by echa on Tue May 12, 2009 4:09 pm

@emoon........

huuummmphhhhhhhh... bagi Profesor emon gak ada yg susah

echa
Legend
Legend

Number of posts : 600
Location : Pejagoan
Registration date : 23.05.08

Kembali Ke Atas Go down

Re: Stress Hadapi Matematika

Post by topik on Thu May 14, 2009 10:24 am

@ emon....ya katanya mereka seh...klo bagimu ya....mungkin mudah....pak profesor.....

topik
Maniak
Maniak

Number of posts : 45
Age : 27
Location : JALAN KALIURANG KM.5,0, GANG SITISONYA NO.1 POGUNG BARU SLEMAN, YOGYAKARTA
Registration date : 18.05.08

Kembali Ke Atas Go down

Re: Stress Hadapi Matematika

Post by ratna on Fri May 15, 2009 9:13 pm

iya kata ade2ku mtk nya susah...tapi moga lulus smw lah yaa...

ratna
Hmmm saluut..
Hmmm saluut..

Number of posts : 226
Age : 27
Location : Sendowo.djogja
Registration date : 19.05.08

Kembali Ke Atas Go down

Re: Stress Hadapi Matematika

Post by emonn on Mon May 18, 2009 9:29 am

bukan begitu maksud aku
yang harusnya biasa2 aja kok susah
mungkin da kesalahan cara pandang terhadap matemetik
menurutku hanya faktor psikologis

emonn
Hmmm saluut..
Hmmm saluut..

Number of posts : 192
Age : 27
Location : bandung
Registration date : 05.06.08

Kembali Ke Atas Go down

Re: Stress Hadapi Matematika

Post by danzie on Mon May 18, 2009 11:13 am

emonn wrote:bukan begitu maksud aku
yang harusnya biasa2 aja kok susah
mungkin da kesalahan cara pandang terhadap matemetik
menurutku hanya faktor psikologis

like this sip dah

_________________

danzie
Sobat Sejati
Sobat Sejati

Number of posts : 525
Registration date : 07.05.08

http://zietux.co.cc

Kembali Ke Atas Go down

Re: Stress Hadapi Matematika

Post by Sponsored content Today at 6:51 pm


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik